METODE, MODEL, PENDEKATAN, TEKHNIK, TAKTIK, STRATEGI PEMBELAJARAN…


 METODE PEMBELAJARAN 
 Dapat diartikan sebagai cara yang digunakanuntuk mengimplementa- sikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran
   Macam-macam metode:
 
1.Ceramah,
2.demonstrasi,
3.diskusi,
4.simulasi,
5.laboratorium,
6.pengalaman lapangan,
7.brainstorming,
8.debat,
9.simposium, dsb.
Model Pembelajaran
    Pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
Kelompok model pembelajaran
(Bruce Joyce  dan Marsha Weil (Dedi Supriawan dan A Benyamin Surasega, 1990) 

1.Model Interaksi Sosial

2.Model Pengolahan Informasi

3.Model Personal Humanistik

4.Model Modifikasi Tingkah Laku 

 
  PENDEKATAN PEMBELAJARAN
 Diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya mewadahi menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu
2 JENIS PENDEKATAN:
A.Pendekatan yang berorientasi atau berpusat pada siswa (Student centered)



B.Pendekatan yang berorientasi atau berpusat pada guru (Teaching centered)
 
 TEKNIK PEMBELAJARAN
 Dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan oleh seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalnya penggunaan metode: ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara tekhnik akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbat
                    
                          TAKTIK PEMBELAJARAN
  Gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau tekhnik pembelajaran tertentu, yang sifatnya individual. Misalkan dua orang yang sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor, karena memang Ia memiliki sense of  humor yang tinggi, sementara yang lainnya lagi kurang memiliki sense of humor, tetap lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik, karena ia memang sangat menguasai bidang itu
 STRATEGI PEMBELAJARAN
      Pendekatan menyeluruh yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai suatu tujuan dan biasanya dijabarkan dari pandangan falsafah atau teori tertentu
 
 
 

Comments

Popular Posts